Kamis, 07 Maret 2013

Melakukan Perawatan Periperal

MELAKUKAN PERAWATAN PERIPERAL

Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC.Pada umumnya periferal dapat meliputi keyboard, mouse, monitor, danprinter. Pada umumnya periferal mengalami masalah yang disebabkankarena debu, percikan air, dan kotoran. Untuk membersihkannyadapat digunakan peralatan dan bahan yang sederhana seperti :
Kuas
• Penyedot debu mini
Kain kering atau tisu
• Cairan pembersih / cleaner

kuas
Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debuatau kotoran yang tertinggal dalam periferal. Keyboard merupakanperiferal yang sering terkena debu dan kotoran yang terselip diantaratombol tombol keyboard. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi pada monitor serta dapat juga digunakan untuk membersihkan bola mouse yangsudah mulai lambat untuk mouse-mouse lama.
 
Gambar 1. Kuas Pembersih

penyedot debu mini
Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebihbersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikatdengan ukuran yang beragam, dimaksudkan untuk disesuaikan luassempitnya sudut-sudut pada periferal. Alat ini sangat tepat digunakanuntuk membersihkan keyboard, fentilasi udara pada monitor dan padafan atau kipas, bahkan sangat baik digunakan untuk membersihkanrangkaian mainboard.

 
Gambar 2. Penyedot Debu Mini

Kain keringatau tisu
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cairyang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segaratau belum mengering. Tisu atau kain kering Kotoran cair sangatberbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapatmenghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan pada periferal. Tisu juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran tinta pada cartridge printer injek, karena sifatnyayang mudah menyerap cairan. Sedangkan cairan pembersih digunakanuntuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering sepertipercikan dari tinta printer. Digunakan pada layar monitor, casing, bodymonitor, dan body printer.
 
Gambar 3. Kain Kering dan Cairan Pembersih


Troubleshooting pada periferal akibat kurang menjaga kebersihan komponen

Debu merupakan salah satu jenis kotoran yang terdapat pada periferalkomputer. Debu dapat masuk kedalam komponen yang berada di luaratau akibat dari fan yang menyedot udara. Debu-debu ini akan sangatmengganggu fungsi dari sebuah periferal, karena debu dapatmenghalangi arus listrik. Tinta atau kotoran cair yang berasal dariminuman juga sangat sering terjadi dan menyebabkan masalah padaperiferal komputer. Berikut jenis masalah yang timbul pada beberapaperiferal komputer:

KEYBOARD
Debu dan kotoran dapat masuk ke dalam keyboard melalui sela-selatombol pada keyboard. Debu dan kotoran akan menumpuk menjadibanyak dan mengeras sehingga akan mengganggu kenyamanan dalammenekan tombol atau tombol keyboard akan menjadi keras. Selaindebu dan kotoran padat, kotoran jenis cair juga sangat sering terjadi.Minuman yang tumpah merupakan penyebab yang sering terjadi yangmembuat keyboard macet, tombol seperti terpencet terus, dan jugadapat terjadi hubung pendek yang dapat mengakibatkan keyboard tak dapat dipakai kembali, dan yang paling parah menyebabkan port PS/2pada motherboard rusak.
 
 
Gambar 4. Keyboard
Prosedur membersihkan keyboard dari kotoran cair:
~Gunakan lap kering atau tisu untuk membersihkan kotoran cair.
~Untuk membersihkannya keyboard harus di buka terlebih dahulu.Pada bagian dalam pada keyboard harus hati-hati dalammembersihkannya dikarenakan sangat rawan dengan goresanyang dapat mengakibatkan jalur menjadi putus. Untuk
tombolpenghantar dibersihkan satu persatu pada bagian arang ataupenghantarnya. Untuk bagian konektor juga diperiksa terutamakabel, karena kabel sangat kecil dan kabel keyboard biasanyasangat mudah ke himpit baik meja maupun benda lain.

MONITOR
Debu pada monitor akan membuat layar buram dan jika debu tersebutsudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidak benar dapat menggores layar monitor. Selain pada layar, debu jugadapat menutupi fentilasi udara pada monitor
yang akan menimbulkanpanas yang berlebihan pada monitor.Untuk kotoran cair yang masuk ke dalam monitor dapatmengakibatkan kerusakan monitor.
 
Gambar 5. Monitor

Prosedur membersihkan monitor :

~Gunakan kuas kecil atau vacum cleaner dengan ujung sikat keciluntuk membersihkan debu.
~Untuk membersihkan monitor dari kotoran cair yang menempelpada layar, gunakan cairan pembersih kemudian dilap dengankain kering. Terutama pada bagian sudut dari layar.

FAN
Debu pada fan sangat sering dijumpai jika periferal komputer terletak pada ruang terbuka atau banyak debu. Karena debu ini akan tersedotoleh fan casing maupun fan periferal yang lain. Debu ini akanmenghambat putaran fan jika telah menempel pada poros dari fantersebut.
 
Gambar 6. Fan pada PC



PRINTER
Printer merupakan periferal komputer yang sangat rawan terkenakotoran baik cair maupun debu. Untuk debu akan berakibat roller pemutar kertas menjadi terhambat hal ini terjadi jika debu sudahmenumpuk terlalu banyak. Sedangkan untuk kotoran cair
disebabkanoleh tinta yang tumpah. Selain akan mengotori printer tinta dapatmengotori head atupun catridge. Perlu diketahui bahwa catriadgemerupakan komponen yang sangat rawan, sehingga trouble yangpaling parah adalah catridge mati merupakan kasus yang sering terjadiakibat tinta yang berlebihan.
 
Gambar 7. Printer

Prosedur perawatan printer :

~Gunakan kain lembab untuk membersihkan printer. Janganmenggunakan cairan yang mudah terbakar seperti alkohol, bensin atau thinner. Bila cairan yang mudah terbakar berhubungandengan komponen elektrik di dalam printer maka dapatmengakibatkan kebakaran atau hubung singkat. Selalu lepaskanprinter dari stop kontak pada saat printer dibersihkan.

~Jangan meletakkan printer di tempat yang tidak stabil atau mudahterkena getaran atau goncangan. Printer dapat terjatuh danmengalami kerusakan.

~Jangan meletakkan printer di tempat yang lembab atau berdebu,yang langsung terkena matahari atau dekat dengan sumber panasatau api.

MOUSE
Mouse merupakan periferal paling rawan terhadap debu, terutamamouse yang masih menggunakan bola. Mouse bersentuhan langsungdengan alas (mousepad) dimana alas tersebut merupakan sumberdebu. Jika debu telah banyak yang menempel pada mouse, makagerakan bola tidak normal, dapat dilihat dari gerak kursor yangmeloncat - loncat ataupun dirasa sangat lambat. Hal ini akan membuatmouse sulit diarahkan.
 
Gambar 8. Mouse

Prosedur membersihkan mouse dari debu :
~Gunakan lap dan cairan pembersih kotoran atau debu yangmenempel pada bola maupun poros pada mouse.
~Cairan pembersih digunakan jika kotoran atau debu yangmenempel pada bola atau poros susah dihilangkan.

Tidak ada komentar: