Jumat, 15 Maret 2013

Persiapan Menginstalasi Sistem Oprasi Jaringan Berbasis GUI

1) Persiapan instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (graphical user interface)

sistem operasi adalah penghubung antar pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. secara umum sistem operasi adalah suatu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai sehingga memudahkan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer. sistem operasi harus di install dalam komputerag ar dapat berfungsi dengan baik.
Dalam menginstall sistem operasi ada dua mode pilihan yang disediakan yaitu mode text dan mode grafik. mode text adalah salah satu mode instalasi sistem operasi komputer dengan tampilan  text. mode text ini digunakan jika spesifikasi hardware komputer rendah. metode instalasi berbasis GUI memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan metode text. sistem operasi komputer telah mengalami perkembangan yang baik untuk keperluan stand alone dan jaringan. Ada banyak sistem operasi komputer yang dapat digunakan dalam sebuah komputer baik stand alone maupun jaringan diantaranya adalah microsoft windows series ( Win 31, Win 9x, Win ME, Win 2000, Win XP, Win NT ), Unix, San Solaris, Linux Series ( Redhat, Debian, SUSE, Mandrake, Knoppix), Mac, dan lain sebagainya. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga diperlukan analisis dalam memilih sistem operasi mana yang sesuai dengan kebutuhan.

2) Jenis - jenis sistem operasi jaringan berbasis GUI

Banyak perusahaan yang mengembangkan sistem operasi jaringan dari yang komersial sampai sistem opersai bersifat free alias graattiisss . sistem operasi memegang peranan yang sangat vital terhadap program yang akan dijalankan.
Microsoft Windows NT, Windows 2000 Server dan Windows 2003 server merupakan sistem operasi jaringan yang dikembengkan oleh perusahaan microsoft dengan lisensi komersial. untuk menggunakan sistem operasi jaringan dari microsoft kita haris membayar lisensi atau membeli sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan antara pengguna dengan perusahaan.
Selain microsoft perusahaan yang mengembangkan sistem operasi jaringan adalah Unix, San Solaris, dan perusahaan lainnya. Salah satu sistem opersi jaringan yang dikembangkan secara dengenf ree adalah Linux. Linux pertamakali dikembangkan oleh Linus Torvalds, Dengan lisensi GNU/GPL Linux menjadi salah satu sistem operasi yang mengalami perkembangan sangat cepat, karena linux dikembangkan oleh komunitas pengguna sistem operasi open source. Dengan demikian sistem opersi linux menjadi sistem operasiyang up to date setiap saat.

3) Spesifikasi Hardware

 beberapa  spesifikasi hardware yang perlu diketahui adalah sebagai berikut :

  • CPU 
CPU atau prosesor merupakan nti dari sebuah mesin komputer. ada banyak pengembang prosesor dengan spesifikasi dan teknologi yang berbeda-beda. Intel mengembangkan prosesor jenis pentium I, II, III, IV, Pentium Celeron, Intel Xeon, Intel Mobile dan sebagainya dengan clock speed mulai 100 MHz sampai 3,2 GHz. AMD merupakan pesaing terdekat intel. AMD mengembangkan AMD Duron, Athlon, Barton, Opeteron dengan clock speed yang hampir sama. Xyrix, Via, Sys, Motorolla, Apple dan perusahaan lainnya juga mengembangkan prosesor.
  • Motherboard
Motherboard merupakan tempat utama meletakkan periperal komputer seperti prosesor, RAM, keyboard, mouse, kartu grafis, kartu suara dan kartu jaringan.  Motherboard sebuah komputer mempunyai jenis dan tipe yang sangat banyak tergantung teknologi prosesor yang dipakai yang ditunjukkan dengan chipset yang digunakan seperti i810, i815, i845, i850, i865, i915, i925 untuk chipset intel, KT400, KT600, Nforce, Nforce II, Nfoerce III, Sys 650, Sys 645 dan lain sebagainya.
  • RAM ( Random Acces Memory )
 
RAM merupakan memori penyimpanan sementara untuk menjalankan sistem operasi dan program aolikasi. RAM mempunyai beberapa teknologi antaralai n EDO RAM, SDRAM 66, SDRAM 100, SDRAM 133, DDRAM DAN RAMBUS dengan kapasitas mulai dari 4 MB, 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan lain sebagainya.
  • Hard disk 
 
Hard disk memegang peranan yang sangat penting berhubungan dengan instalasi sistem operasi. hard disk merupakan komponen untuk menyimpan data-data secara permanen file-file  sistem.Beberapa ukuran hard disk yang ada adalah sebagai berikut : 1 GB , 2,1 GB , 4,2 GB, 6,4 GB , 10 GB, 20 GB, 40 GB, 60 GB , 80 GB, 120 GB, 200 GB dan lain sebagainya. Hard disk mempunyai beberapa tipe yaitu IDE, ATA, SATA, dan SCSI. Biasanya untuk keperluan server digunakan hard disk jenis SCSI walaupun bisa juga menggunakan jenis lainnya.
  • Kartu Grafis (kartu VGA)
 Kartu grafis berfungsi untuk menghubungkan antara sistem komputer dengan tampilan di layar monitor. Kartu VGA yang digunakan adalah ISA, EISA, VESA, PCI, AGP dan PCI Express, sedangkan macamnya antara lain Voodoo, Nvidia Gforce (MX, Ti, FX), Ati Radeon (7200, 9200, 9600, 9800) dan sebagainya. 
  • keyboard : standart PS/2 , Serial , USB
  • Mouse : Serial , PS/2 atau USB
  • Monitor : Monitor komputer mempunyai ukuran yang beragam mulai dari 14" , 15" , 17" , 20" . Teknologi yang digunakan juga bermacam-macam mulai dari tabung, tabung flat sampai ke LCD.
  • Kartu Suara ( Sound Card )
Sound card merupakan periperal tambahan dalam sebuah komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menghasilkan sinyal audio. Teknologi yang digunakan adalah ISA dan PCI, 16 bit dan 24 bit dengan 2, 4, 5, 6, 7 channel. 
  • Kartu Jaringan ( LAN Card )
kartu jarungan merupakan periperal utama dalam jaringan komputer. Masing-masing komputer dalam jaringan dihubungkan dengan kartu ini melalui switch/hub.

Memahami Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI Redhat Linux 9
untuk dapat melakukan instalasi sistem operasi jaringan Redhat Linux 9 dengan baik dan benar diperlukan pemahaman yang baik akan kebutuhan sistem dan kondisi yang ada. Tanpa adanya pemahaman yang baik, implementasi sistem komputer daoat menjadi masalah yang serius dikemudian hari. sistem operasi jaringan memegang peranan yang sangat vital dalam implementasi sistem berbasis komputer.
Redhat Linux 9 merupakan salah satu varian dari sistem Operasi Linux yang cukup populer di lingkungan pengembang software open source. Redhat merupakansuatu perusahaan yang mengembangkan sistem operasi open source yang sudah lama mengembangkan linux. Redhat 9 merupakan pengembangan dari versi Redhat sebelumnya yaitu versi 8, versi 7 dan versi-versi sebelumnya.

Kebutuhan Hardware
pada awal pengembangannya Linux dapat berjalan pada mesin komputer ISA, EISA, VESA Local Bus atau PCI 80836 , 80486 dengan spesifikasi pada jaman itu yang sangat minim. Redhat 9 memberikan spesifikasi hardware minimal yang dibutuhkan agar sistemdapat  berjalan dengan baik. Spesifikasi tersebut adalah sebagai berikut :
Prosesor : pentium I 200 ( untuk mode text )
               Pentium II 400 ( untuk mode grafik )
Rekomendasi Pentium III 600 MB ke atas
Hard disk : 475 MB ( untuk custom installation)
                850 MB ( untuk Server )
                1,7 GB ( untuk personal Dekstop )
                2,1 GB ( Untuk Workstation )
rekomendasi 10 GB ke atas
Memory : 64 MB ( Untuk mode text )
              128 MB ( Untuk mode grafik )
Rekomendasi 192 MB agar berjalan dengan baik.
Redhat linux membutuhkan partisi hard disk minimal menjadi 2 bagian yaitu sebagai / (root) dan swap. besarnya partisi tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan. Swap merupakan penyimpanan data sementara selama proses berlangsung hampir mirip dengan virtual meory di Windows. Linux dapat mempunyai partisi lain seperti /usr, /boot, /var.


Metode Instalasi
untuk melakukan instalasi sistem operasi diperlukan master sistem operasi yang tersimpan dalam media penyimpanan file yang digunakan untuk menyimpan master file sistem operasi jaringan. beberapa sistem operasi menyediakan pilihan bagaimana melakukan instalasi sistem opersai berdasrakan letak dimana file master sistem operasi disimpan.
metode instalasi  berdasarkan letak file sistem opersai disimpan yaitu :


a) CD-ROM
Metode instalasi sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah dengan CD-ROM. Hal ini disebabkan karena CD-ROM merupakan media penyimpanan yang handal, berkapasitas besar ( 700 MB ), tahan lama, murah dan fleksibel untuk dibawa kemana-mana.


b) Hard Disk
Instalasi sistem operasi dapat juga dilakukan melalui hard disk yang telah berisi master sistem operasi. Hard disk merupakan media penyimpanan yang harus dimiliki oleh komputer dewasa ini. Tanpa hard disk komputer tidak dapat berfungsi karena sistem operasi sekarang ini harus diinstalasi ke hard disk.


c) NFS Image
instalasi sistem operasi jaringan ( Linux Redhat ) dapat dilakukan melalui NFS server. untuk instalasi dengan NFS Server ini dibutuhkan network atau PCMCIA boot disket (bootnet.img).


d) FTP
untuk instalasi FTP ini dibutuhkan network atau PCMCIA boot disket (bootnet.img). proses instalasi ini memerlukan akses jaringan sehingga jarang dilakukan kerena distribusi sistem opersai dengan media lain mudah didapatkan.


e) HTTP
untuk instalasi HTTP ini dibutuhkan network atau PCMCIA boot disket (boot.img). proses instalasi akan berjalan lambat jika jaringan komputer tidak baik.

Tidak ada komentar: